Minggu, 22 Mei 2011

TIC TAC TOE MulMed Flash

BAB I

PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

Pada umumnya suatu permainan dibuat untuk memberikan kesenangan bagi yang memainkan permainan tersebut atau dapat menjadi sebuah hobi. Semakin menarik permainan tersebut maka akan semakin menyenangkan dan menambah rasa ingin tahu bagi yang memainkannya. Hal itu dapat membuat permainan tersebut sering dimainkan atau bisa dikatakan reputasi permainan tersebut sangat baik. Namun, apa yang terjadi jika permainan tersebut kurang menarik dan membuat bosan, maka permainan tersebut bisa dinyatakan kurang diminati.

Disini terdapat sebuah permainan yang bernama “Tic Tac Toe” yang diambil dari situs web www.actionscripts.com. Permainan ini berjenis permainan strategi, untuk memenangkan permainan ini pemain harus membuat garis lurus vertikal, horisontal, atau diagonal pada matriks yang tersedia dan bersaing dengan komputer. Permainan ini memiliki matriks 3 x 3. Dari hasil pengamatan, dinilai bahwa permainan ini kurang atraktif dari aspek tampilan dan proses permainan.

Melihat masalah tersebut muncul ketertarikan untuk membangun ulang atau menambahkan beberapa bagian pada permainan “Tic Tac Toe” dari beberapa aspek yang telah dituliskan pada paragraf sebelumnya. Dengan menambahkan beberapa bagian pada permainan ini diharapkan permainan akan menjadi lebih menarik dan diminati.

I.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan penulisan deskripsi dari latar belakang di atas, maka beberapa permasalahan dapat diidentifikasi, sebagai berikut:

1. Ketika memasuki tampilan menu awal tidak terdapat button-button yang menunjukkan fungsi-fungsi khusus yang spesifik, hanya terdapat button easy dan hard.

2. Pada saat masuk tampilan permainan, ternyata tampilannya kurang menarik, dilihat dari grafisnya yang masih sederhana, tidak terdapat sound atau suara dari setiap aksi yang dilakukan dan animasi yang ada dalam permainan ini masih kurang, sehingga menimbulkan rasa bosan ketika memainkan permainan ini.

3. Dari referensi produk game “Tic Tac Toe” tidak terjadi looping pada saat pemain sudah memenangkan permainan, sehingga untuk melanjutkan permainan, pemain harus kembali ke menu pilihan level. Dari tingkat kesulitan yang ada pada permainan ini, belum terdapat perbedaan yang signifikan antar level.

I.3 Tujuan

Dari uraian perumusan masalah di atas, maka secara umum tujuan tugas besar ini adalah membangun aplikasi permainan interaktif (game), dengan menggunakan actionscript pada Macromedia Flash sebagai tools dan dasar pemrograman yang berorientasi pada objek, yang hasil akhirnya disajikan dalam bentuk cd autorun. Adapun tujuan khusus yang ditargetkan pada tugas besar ini adalah:

1. Menambahkan button pada tampilan awal menu. Button-button tersebut berisi fungsi-fungsi yang dibutuhkan pemain ketika memainkan permainan tersebut.

2. Membuat tampilan permainan ini menjadi lebih menarik dengan cara menambahkan grafis, sound, dan animasi yang terdiri dari background dan berbagai kombinasi warna.

3. Menambahkan script-script pada proses permainan agar pemain bisa melanjutkan permainan secara otomatis. Menerapkan konsep leveling pada permainan ini agar pada tingkat kesulitan setiap menu permainan “Tic Tac Toe” dapat melakukan hubungan antar level.

I.4 Batasan Masalah

Pada laporan tugas besar ini, permasalahannya dibatasi menjadi beberapa hal, sebagai berikut:

· Pembahasan difokuskan pada grafis, animasi dan leveling

· Pengubahan tampilan dibatasi hanya pada background utama dan animasi di setiap proses permainan.

· Menambahkan sound (suara).

· Menambahkan pengaturan bahasa yang terdapat dua pilihan bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Indonesia.

· Pada level pengubahan dibatasi pada prosedur tiap-tiap level.

· Dalam laporan ini aplikasi Macromedia Flash adalah tools utama untuk membangun permainan, terutama pada penambahan tampilan dan proses permainan.

· Dalam laporan ini, untuk dokumentasi output perangkat lunak disajikan dalam cd autorun.

· Matriks dibatasi sampai 4 x 4

I.5 Sistematika Penulisan

Sistematika dari penulisan dari laporan ini adalah sebagai berikut:

BAB I

PENDAHULUAN

Pembahasan yang ada dalam bab ini meliputi latar belakang, perumusan masalah, tujuan, batasan masalah, dan sistematika penulisan.

BAB II

DASAR TEORI

Pada bab ini menjelaskan tentang konsep pendukung dan aturan dasar yang diambil berdasarkan daftar pustaka. Dalam bab ini meliputi: definisi dari action script, aturan syntax pada action script, definisi game, pengertian editing sound, pengertian autorun, dan pengertian pemodelan sistem.

BAB III

PERANCANGAN

Bab ini meliputi perancangan dari editing game yang menjelaskan tentang struktur menu dari game “Tic Tac Toe”, bagan alir program atau flowchart, dan perangkat pendukung yang digunakan saat membangun atau mengedit permainan.

BAB IV

IMPLEMENTASI

Pada bab ini menjelaskan tentang penjelasan antar muka, petunjuk teknis penggunaan perangkat lunak dari permainan atau game ini, spesifikasi komputer yang dibutuhkan saat cd autorun dari permainan ini running.

BAB V

KESIMPULAN

Pada bab ini berisikan kesimpulan dari pembangunan atau pengeditan permainan ini serta saran untuk pengembangan selanjutnya.

Tidak ada komentar: