Minggu, 22 Mei 2011

TIC TAC TOE MulMed Flash BAB IV

BAB IV

IMPLEMENTASI

IV.1 Antar Muka

Pada bagian ini terdapat beberapa screenshot dari tampilan menu utama dan submenu yang sangat berperan dalam aplikasi permainan ini.

Gambar IV.1 Tampilan Menu Utama

Gambar IV.1 adalah tampilan menu utama dari aplikasi permainan Tic Tac Toe, Pada tampilan ini terdapat nama aplikasi, nama para editor dan Button-Button submenu. Silahkan klik salah satu Button yang berada di sebelah kiri untuk memilih submenu yang terdiri dari menu Play, Help, Option, About us dan Exit.

Gambar IV.2 Tampilan Submenu Play

Gambar IV.2 adalah tampilan submenu play dari aplikasi permainan Tic Tac Toe, dalam tampilan ini terdapat dua Button untuk memilih level permainan yang diinginkan yaitu level easy dan hard.

Gambar IV.3 Tampilan Submenu Help

Gambar IV.3 adalah tampilan submenu help dari aplikasi permainan Tic Tac Toe, tampilan ini merupakan tampilan yang berfungsi untuk menjelaskan tentang aturan permainan Tic Tac Toe.

Gambar IV.4 Tampilan Submenu Option

Gambar IV.4 adalah tampilan submenu option dari aplikasi permainan Tic Tac Toe, dalam tampilan ini terdapat Button-Button yang berfungsi untuk pengaturan sound, language, dan screen.

Gambar IV.5 Tampilan Submenu About us

Gambar IV.5 adalah tampilan submenu about us dari aplikasi permainan Tic Tac Toe, pada tampilan ini ditampilkan info para editor permainan Tic Tac Toe.

Gambar IV.6 Tampilan Proses Permainan

Gambar IV.5 adalah tampilan saat permainan Tic Tac Toe sedang berlangsung, pada sebelah kiri atas terdapat info mengenai skor permainan dan di tengah tampilan terdapat matriks untuk tempat bermain.

Gambar IV.7 Tampilan Hasil Permainan

Gambar IV.7 adalah tampilan hasil permainan saat permainan Tic Tac Toe telah selesai dimainkan, pada tampilan ini terdapat pertanyaan untuk pemain yang menanyakan keinginan pemain untuk memainkannya lagi atau tidak.

IV.2 Petunjuk Teknis

Pada bagian ini akan dideskripsikan secara detail mengenai cara menggunakan aplikasi permainan ini. Mulai dari awal sampai akhir penggunaannya, dengan dilengkapi tampilan grafis (screenshot) dari aplikasi permainan ini.

IV.2.1 Running CD Autorun

Untuk menjalankan cd autorun, pertama-tama masukkan cd produk ke dalam CD/DVD Rom, selanjutnya tunggu sejenak saat komputer sedang membaca cd produk, setelah komputer berhasil membacanya lalu secara otomatis komputer akan langsung menampilkan pesan mengenai aksi yang akan dilakukan pengguna terhadap cd produk, abaikan saja pesan tersebut maka akan langsung masuk ke dalam menu utama permainan Tic Tac Toe. Seperti gambar berikut:

Gambar IV.8 Running CD Autorun

IV.2.2 Cara Penggunaan Menu Utama

Gambar IV.9 Button-Button Menu Utama

Pada menu utama terdapat lima Button antara lain:

1. Button play yang berfungsi untuk menuju submenu play yang berisi button-button untuk memulai permainan.

2. Button help yang berfungsi untuk menuju submenu help yang berisi info mengenai aturan permainan.

3. Button option yang berfungsi untuk menuju submenu option yang berisi button-button untuk pengaturan sound dan screen aplikasi.

4. Button about us yang berfungsi untuk menuju submenu help yang berisi info mengenai editor aplikasi permainan ini.

5. Button exit yang berfungsi untuk keluar dari aplikasi permainan ini.

IV.2.3 Cara Penggunaan Submenu Play

Gambar IV.10 Submenu Play

Pada submenu play terdapat tiga Button antara lain:

1. Button easy untuk memilih level permainan easy yang terdiri dari matriks 3x3.

2. Button hard untuk memilih level permainan hard yang terdiri dari matriks 4x4.

3. Button back untuk kembali ke menu utama.

IV.2.4 Cara Penggunaan Submenu Help

Gambar IV.11 Submenu Help

Pada submenu help hanya terdapat satu button yaitu button back yang berfungsi untuk kembali ke menu utama.

IV.2.5 Cara Penggunaan Submenu Option

Gambar IV.12 Submenu Option

Pada submenu option terdapat empat button antara lain:

1. Button off yang berfungsi untuk menghentikan sound.

2. Button English yang berfungsi untuk memilih Bahasa Inggris dan button Indonesia untuk memilih Bahasa Indonesia.

3. Button full dan button half yang berfungsi untuk menjadikan aplikasi menjadi fullscreen dan tidak fullscreen.

4. Button back yang berfungsi untuk kembali ke menu utama.

IV.2.6 Cara Penggunaan Submenu About Us

Gambar IV.13 Submenu About Us

Pada submenu back hanya terdapat satu button yaitu button back yang berfungsi untuk kembali ke menu utama.

IV.2.7 Cara Bermain pada Tampilan Proses Permainan

Gambar IV.14Tampilan Proses Permainan

Pada tampilan ini terdapat kolom-kolom matriks, untuk memainkan permainan ini silahkan klik pada kolom-kolom matriks yang tersedia untuk membuat garis horisontal, vertikal atau diagonal untuk memenangkan permainan ini. Lalu pada sebelah kiri atas terdapat info skor permainan

IV.2.8 Penjelasan Tampilan Hasil Proses Permainan

Gambar IV.15 Tampilan Hasil Proses Permainan

Pada tampilan hasil proses permainan terdapat tiga Button antara lain:

1. Button easy untuk memilih level permainan easy.

2. Button hard untuk memilih level permainan hard.

3. Button back untuk kembali ke menu utama.

IV.3 Spesifikasi Komputer

Pada tahap implementasi produk untuk dapat menjalankan aplikasi permainan ini, yang terdapat dalam cd autorun, dibutuhkan spesifikasi minimal komputer yang terdiri dari hardware dan software. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan pada saat implementasi produk ini antara lain:

· Prosesor berkecepatan 1.6 GHz

· RAM berkapasitas 256 MB,

· CD-Rom berkecepatan 32X,

· Harddisk berkapasitas 20 GB,

· Monitor beresolusi 640 x 480 pixel,

· Mouse,

· Speaker aktif.

Untuk software yang dibutuhkan pada saat implementasi produk ini terdiri dari:

· Sistem operasi Windows XP SP1 yang berfungsi untuk membantu interaksi antara pengguna dengan hardware,

· Driver sound yang berfungsi untuk menjalankan sound yang terdapat pada produk

IV.4 Listing Program Utama

Penggunaan listing program pada produk ini, mengacu pada aturan scripting yang terdapat di aplikasi Macromedia Flash, yaitu action script. Penjelasan dari action scripts pada laporan ini disajikan dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Tabel IV.1 Action script dan penjelasan

NO

ACTION SCRIPT

PENJELASAN/FUNGSI/KEGUNAAN

turn = 0;

Variabel/objek turn memiliki kondisi awal nol.

b1 = 0;

Variabel/objek b1 memiliki kondisi awal nol.

x1 = 0;

Variabel/objek x1 memiliki kondisi awal nol.

o1 = 0;

Variabel/objek o1 memiliki kondisi awal nol.

gameover = 0;

Variabel/objek gameover memiliki kondisi awal nol.

x = 0;

Variabel/objek x memiliki kondisi awal nol.

bob = 0;

Variabel/objek bob memiliki kondisi awal nol.

scorep = 0;

Variabel/objek scorep memiliki kondisi awal nol.

scorec = 0;

Variabel/objek scorec memiliki kondisi awal nol.

scoret = 0;

Variabel/objek scoret memiliki kondisi awal nol.

result = 100;

Variabel/objek result memiliki nilai seratus.

stop();

Fungsi/aksi pada frame, berfungsi untuk memberhentikan suatu objek.

on (release) {
gotoAndPlay("easy", 1);
}

Fungsi/aksi pada Button, memanggil lalu menuju dan menjalankan scene yang bernama easy di frame pertamanya.

if (Number(level) == 0) {
gotoAndPlay("easy", 1);
} else if (Number(level) == 1) {
gotoAndPlay("hard", 1);
}

Fungsi pada frame, suatu kondisi jika level yang bernilai nol yang dipilih maka akan menuju dan menjalankan frame pertama pada scene easy.

Jika level yang bernilai nol tidak dipilih maka akan memilih level yang bernilai satu dan menjalankan frame pertama pada scene hard.

compscore = scorec;

Mendefinisikan compscore adalah scorec.

playscore = scorep;

Mendefinisikan playscore adalah scorep.

tiescore = scoret;

Mendefinisikan tiescore adalah scoret.

Tabel IV.1 (Lanjutan) Action script dan penjelasan

if ((Number(o7) == 1 and Number(o8) == 1 and Number(o9) == 1) or (Number(x7) == 1 and Number(x8) == 1 and Number(x9) == 1)) {
duplicateMovieClip("/lineh", "lineh1", 1);
setProperty("/lineh1", _x, "300");
setProperty("/lineh1", _y, "320");

}

Fungsi pada frame, suatu kondisi jika variabel o7, o8, o9 bernilai satu atau jika variabel x7, x8, x9 bernilai satu maka akan menduplikat movieclip yang bernama lineh1 yang terdapat pada direktori lineh lalu movieclip lineh1 diatur untuk tampil pada koordinat 300 di sumbu x dan koordinat 320 pada sumbu y.

if ((Number(o1) == 1 and Number(o2) == 1 and Number(o3) == 1) or (Number(o4) == 1 and Number(o5) == 1 and Number(o6) == 1) or (Number(o7) == 1 and Number(o8) == 1 and Number(o9) == 1) or (Number(o1) == 1 and Number(o4) == 1 and Number(o7) == 1) or (Number(o2) == 1 and Number(o5) == 1 and Number(o8) == 1) or (Number(o3) == 1 and Number(o6) == 1 and Number(o9) == 1) or (Number(o1) == 1 and Number(o5) == 1 and Number(o9) == 1) or (Number(o3) == 1 and Number(o5) == 1 and Number(o7) == 1)) {
result = 0;
gameover = 1;
scorec = Number(scorec)+1;
gotoAndPlay(3);}

Fungsi pada frame, suatu kondisi jika variabel o1, o2, o3 atau o4, o5, o6 atau o7, o8, o9 atau o1, o4, o7 atau o2,o5,o8 atau o3, o6, o9 atau o1, o5, o9 atau o3, o5, o7 bernilai satu maka variabel result akan bernilai nol, variabel game over akan bernilai satu dan variabel scorec nilainya bertambah satu lalu akan menuju dan menjalankan frame ketiga.

if (Number(b1) == 1 and Number(b2) == 1 and Number(b3) == 1 and Number(b4) == 1 and Number(b5) == 1 and Number(b6) == 1 and Number(b7) == 1 and Number(b8) == 1 and Number(b9) == 1) {
gameover = 1;
scoret = Number(scoret)+1;
gotoAndPlay(3);
}

Fungsi pada frame, suatu kondisi jika variabel b1, b2, b3, b4, b5, b6, b7, b8, b9 bernilai satu maka variabel game over akan bernilai satu, variabel scoret nilainya bertambah satu lalu menuju dan menjalankan frame ketiga.

Tabel IV.1 (Lanjutan) Action script dan penjelasan

if (Number(turn) == 1 and Number(gameover)<>1) {
if (((Number(b1) == 1) or (Number(b3) == 1) or (Number(b7) == 1) or (Number(b9) == 1)) and (Number(b5)<>1)) {
duplicateMovieClip("/o", "o5", 5);
setProperty("/o5", _x, "300");
setProperty("/o5", _y, "200");
b5 = 1;
o5 = 1;
turn = 0; }}

Fungsi pada frame, suatu kondisi jika variabel turn bernilai satu dan variabel gameover bernilai lebih kecil atau lebih besar dari satu dan jika variabel b1, b3 atau b7, b9 bernilai satu dan variabel b5 bernilai lebih kecil atau lebih besar dari satu maka movieclip yang bernama o5 di frame kelima pada direktori o, lalu movieclip o5 diatur untuk tampil pada koordinat 300 di sumbu x dan koordinat 200 pada sumbu y, lalu variabel b5 dan o5 bernilai satu dan variabel turn akan bernilai nol.

bob = 0;
while (Number(bob)<>1) {
x = Number(random(9))+1;
if (Number(x) == 1) {
q = b1;
if (Number(q)<>1) {
duplicateMovieClip("/o", "o1", 11);
setProperty("/o1", _x, "180");
setProperty("/o1", _y, "80");
b1 = 1;
o1 = 1;
bob = 1;
}
}
turn = 0;}

Fungsi pada frame, variabel bob bernilai nol, maka terjadi kondisi pengulangan pada variabel saat bernilai lebih kecil atau lebih besar dari satu, variabel x terjadi pengacakan sembilan kali maka variabel q adalah b1. Jika variabel q bernilai lebih kecil atau lebih besar dari satu maka movieclip o1 pada frame sebelas di direktori o lalu movieclip o1 diatur untuk tampil pada koordinat 180 di sumbu x dan koordinat 80 pada sumbu y maka variabel b1 bernilai satu, variabel o1 bernilai satu dan variabel bob bernilai satu serta variabel turn bernilai nol.

if (Number(result) == 0) {
gotoAndPlay(13);
} else if (Number(result) == 1) {
gotoAndPlay(23);
} else if (Number(result) == 100) {
gotoAndPlay(33);
}

Fungsi pada frame, suatu kondisi jika variabel result bernilai nol maka akan menuju dan menjalankan frame ketiga belas, atau jika variabel result bernilai satu maka akan menuju dan menjalankan frame kedua puluh tiga, atau jika variabel result bernilai seratus maka akan menuju dan menjalankan frame ketiga puluh tiga.

removeMovieClip("/x");

Fungsi/aksi pada frame, berfungsi untuk menghapus objek x dari frame.

Tidak ada komentar: